Pages

Pengertian Proxy Server


Proxy Server merupakan suatu model filtrasi dalam jaringan dimana komputer yang berada dalam Proxy Server tersebut melalui sebuah penyaringan atau perantara untuk selanjutnya diteruskan ke internet. Saat komputer client meminta layanan internet, computer tersebut terlebih dahulu masuk ke Proxy Server dan dieksekusi oleh Proxy Server itu sendiri apakah computer clien tersebut diizinkan untuk mengakses konten yang ada di internet atau tidak.


Proxy Server juga dapat berperan sebagai cache (penyimpanan sementara) dalam jaringan dimana ketika anda mengakses beberapa situs, sebagian konten akan tersimpan dalam Proxy Server yang akan membuat anda dapat dengan lebih cepat mengakses situs yang sama dengan yang sebelumnya.

Seperti telah saya sebutkan diatas bahwasanya Proxy Server berperan sebagai filter atau penyaring dalam jaringan, ketika computer anda terhubung dengan Proxy dan hendak mengakses sebuah situs, misalnya facebook.com. Proxy Server akan melihat, apakah situs facebook.com diizinkan untuk di akses atau tidak, jika tidak computer anda akan diblok dan tidak akan bisa masuk dan menikmati layanan dari facebook.com. Mungkin hanya itu pemaparan yang dapat saya berikan untukanda, kemu dian saya akan jelaskan bagaimana installasi dan konfigurasi Proxy Server di Debian dengan menggunakan Squid.




Posting Komentar - Back to Content